Saturday 11 September 2010

Setting font Jmenubar

Ketika kita sedang mendeploy suatu aplikasi desktop yang didalamnya menggunakan JMenu, kita kadang disulitkan untuk memberi/mengeset property font dan ukuran yang sama untuk setiap JMenu, bayangkan jika ada 20 JMenu kita harus memberi/mensetting tiap -tiap JMenu


nah ada solusi untuk ini


letakkkan kode ini (saya letakkan sebelum inisialisasi komponen JMenu)



[sourcecode language="java"]
Font big = new Font("Verdana", Font.PLAIN, 11);
UIManager.put("Menu.font", big);
[/sourcecode]


kalo menggunakan editor netbeans kita letakkan
sebelum kode initComponents();
kode ini akan mengimpor import java.awt.Font;
nah sekarang kita tidak perlu mengedit nilai property
font setiap JMenu, mudah bukan :)
semoga membantu

3 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Saya sangat tertarik dengan GUI dan ingin sekali menjadikan Linux desktop lebih user friendly di masa mendatang dengan GUI. Bagus memang GUI Linux sekarang tetapi masih kurang. Masih banyak lowongan yang kita bisa isi, Kang. Dan ternyata, hal ini bukan mustahil bagi saya. Saya bersyukur mengetahui ini. GUI itu tidak sesusah yang saya bayangkan.

Barakallahu fiikum, Akhii.

bim said...

mantap bro, lanjut teruss open source nya :)

Ade Malsasa Akbar said...

Terima kasih atas dukungan akang!

blog ini ditujukan pada smua orang yang mempunyai penghargaan tertinggi terhadap sesuatu yang mereka cinta dan sayangi